20+ Ide Usaha di Desa atau Kampung yang Sangat Menguntungkan Saat ini


Usaha di Desa Jualan di Pasar Apung BanjarmasinUsaha di Desa atau Kampung – Kebanyakan orang yang beranggapan bahwa hidup di kota lebih ideal untuk mencari uang, termasuk saya, setidaknya beberapa saat yang lalu sebelum menyadari betapa banyaknya ide dan peluang usaha yang ada di desa. Berhasil di dunia bisnis bisa dilakukan di mana saja. Tidak selalu harus di kota besar, di desa juga bisa. Jadi, jangan pernah percaya kalau kesuksesan tidak bisa didapatkan di desa.

Ingatlah, hal pertama yang bisa membuat Anda sukses adalah kegigihan dan kerja keras. Tanpa adanya kedua hal tersebut, mustahil jika kesuksesan datang menghampiri.

Seperti halnya di kota, ada banyak peluang bisnis yang bisa dilakukan di desa. Hanya saja, Anda perlu melakukan pengamatan tentang bisnis apa yang hendak dijalankan.

Tinggal di desa bukan berarti kita tidak bisa berkembang dan kalah dari orang yang tinggal di kota. Bahkan banyak sekali kesempatan untuk menjadi orang sukses, karena di desa atau kampung kesempatan menjadi sukses juga terbuka lebar. Dan semua itu butuh perjuangan serta kerja keras, selama kita mau berusaha maka kesuksesan akan datang menghampiri kita.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih bisa dimanfaatkan untuk berbisnis di desa. Dengan demikian, pundi-pundi uang yang terkumpul juga semakin banyak.

Dan bagi kamu yang tinggal di pedesaan atau di kampung, ada beberapa peluang usaha dan juga bisnis yang bisa kamu jalankan. Untuk lebih jelasnya kamu bisa menyimak informasi tersebut dalam artikel RokanOnline.com kali ini.

Jadi, usaha apakah yang cocok dilakukan di daerah pedesaan? Nah, inilah beberapa daftar peluang usaha dan bisnis di desa ataupun bisnis di kampung yang bisa kamu jalankan, diantaranya adalah sebagai berikut.

28 Ide Peluang Usaha di Desa Yang Menguntungkan

Usaha di Desa
1. Usaha di Desa dengan Berkebun

Usaha di desa yang sangat menguntungkan dan banyak digeluti ini adalah dengan berkebun. Selain menjadi pengepul hasil tani, sebagai warga desa biasanya tanah desa lebih subur dan banyak lahan perkebunan yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Dalam menjalankan peluang usaha di desa ini kamu bisa melakukannya dengan menanam tanaman yang dapat dijual kembali, seperti jagung, pohon mangga, rambutan, sayuran, dan tanaman lainnya. Dan ketika musim panen tiba, hasil kebun tersebut tentu bisa dijual kembali baik dalam bentuk buahnya atau dalam bentuk olahan makanan yang lain yang sangat menguntungkan.

2. Peluang Usaha di Desa Membuka Kursus Bimbingan Belajar

Bimbingan belajar merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dibilang ngga ada matinya juga selain usaha kuliner yang sudah kita bahas sebelumnya. Saya sangat yakin dengan prospek cerah dari usaha ini kedepannya jika kita lihat bagaimana perkembangan positif pola pikir masyarakat desa dalam hal pentingnya pendidikan bagi anak.

Untuk menjalankan bisnis ini paling tidak anda atau salah satu orang yang terlibat di sana memiliki background pendidikan. Hal ini penting untuk membangung kepercayaan calon pelanggan terhadap usaha yang sedang anda bangun tersebut.

Nah, jika usaha bimbingan belajar di desa anda belum begitu populer, kenapa tidak anda saja yang memulainya?

3. Usaha Service Barang Elektronik

Selanjutnya peluang usaha di desa yang bisa kamu jalankan kali ini adalah dengan membuka jasa service elektronik. Karena masyarakat pedesaan masih berpedoman bahwa barang elektronik merupakan saah satu barang yang berharga bagi mereka, jadi biasanya jika barang elektroniknya rusak mereka pasti kecenderungan untuk memperbaiki atu service barang tersebut daripada dengan membeli yang baru.

Bagi kamu yang memiliki ketrampilan dalam bidang elektronik, maka kamu yang tinggal di desa bisa sekali membuka peluang usaha di desa yang satu ini.apalagi jika pelayanan yang kamu berikan sangat memuaskan, maka dijamin kamu akan memiliki banyak pelanggan dan tentunya peluang usaha di desa ini akan sangat menjanjikan keuntungan yang besar.

4. Usaha di Desa Jualan Pulsa Elektrik

Berjualan pulsa elektrik juga merupakan salah satu bisnis di kampung yang bisa kamu jalankan loh. Jika dahulu ponsel hanya di miliki oleh orang kota, tetapi kini ponsel atau bahkan smartphone sudah di miliki oleh banyak orang entah itu orang kota maupun orang desa dan pastinya dengan adanya ponsel tersebut mereka akan membutuhkan yang namanya pulsa.

Karena itulah bisnis di kampung ini memang bisa dibilang sangat menguntungkan, sebab hal itu tidak bisa lepas dari perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Dengan bisnis di kampung tersebut kamu bisa memulai usaha berjualan pulsa, selain menjual pulsa untuk HP kamu juga bisa menjual pulsa token listrik yang kebanyakan listrik sekarang bisa diisi dengan pulsa juga.

5. Usaha Menjahit Pakaian

Usaha menjahit ternyata juga merupakan salah satu bisnis di kampung yang sangat cocok bagi kamu yang memiliki keahlian dalam bidang menjahit, baik itu laki-laki maupun perempuan. Apalgi bagi kamu yang suka dengan gay fashion terbaru, kamu bisa menuangkan ketrampilan kamu dalam bisnis di kampung ini dan pasti masyarakat akan sangat menyukai pakaian jahitanmu kamu.

Jika kamu ingin membuka bisnis di kampung dengan menjahit, maka kamu bisa membangun kios dan mencari karyawan. Jadi kamu tinggal memantau dan mengembangkan bisnis di kampung kamu untuk menerima pesanan jahitan.

6. Usaha Budidaya Ikan

Bisnis di desa yang sangat menguntungkan kali ini dan bisa juga kamu coba adalah dengan membuat budidaya ikan. Bisnis di desa ini bisa kamu coba untuk mendapatkna kuntungan yang lebih besar, karena tak sedikit masyarakat yang membutuhan ikan sebagai makanan atau lauk sehari-hari.

Dalam bisnis di desa ini kamu harus menentukan jenis ikan apa yang akan kamu budidaya, apakah ingin membudidayakan ikan pedaging atau ikan hias. Tetapi yang paling tepat dalam bisnis di desa ini dengan membudidayakan ikan lele, karena perawatannya cukup mudah. Apalagi ikan ini bisa bertahan hidup meski di dalam air keruh.

7. Usaha Pembuatan dan Pengemasan Makanan Ringan

Usaha pembuatan makanan ringan dan pengemasan makanan ringan seperti keripik, dodol, jenang, kerupuk, jajanan khas suatu daerah merupakan bisnis di desa yang bisa dikembangkan dengan mudah. Meskipun merupakan bisnis di desa yang kecil, tetapi bisnis ini memiliki potensi yang bisa di kembangkan ke daerah lain agar mendapatkan keuntungan yang lebih.

Bisnis di desa ini juga bisa dilakukan dengan pengemasan makanan ringan yang sudah dibungkus dengan kemasan lebih kecil dan di jual kewarung warung terdekat atau supermarket. Jika kita mengandlakan kualitas dalam bisnis di desa ini, kemungkinan bisa menjadi peuang usaha yang cukup menguntungkan.

8. Usaha Toko Fashion/Pakaian

Sejanjutnya yang juga merupakan bisnis di kampung yang bisa kamu tekuni kali ini adalah dengan membuka toko pakaian. Karena pakaian atau sandang merupakan kebutuhan pokok manusia, jadi tidak heran bila usaha di bidang ini akan lebih mudah berkembang. Apalagi di desa jarak antara tempat tinggal dan tempat menjual pakaian di tengah kota sangat jauh.

Sebab itulah denagn bisnis di kampung dengan membuka toko pakaian ini akan menjadi solusi terbaik untuk masalah ini. Bahkan kamu juga akan lebih mudah mengembangkan ide usaha ini, kamu bisa mendapat lebih banyak konsumen dan keuntungan bila pakaian yang kamu jual memiliki mode terbaru dan juga terupadate tentunya.

9. Usaha Ternak Hewan

Peluang usaha di desa berikutnya yang bisa kamu kembangkan ini adalah dengan beternak hewan. Karena bukan rahasia umum lagi apabila ternak hewan menjadi primadona peluang usaha di desa yang sangat menguntungkan dan menjanjikan.

Kamu bisa membuka peluang usaha di desa ini dengan mudah karena tersedianya makanan hewan yang melimpah seperti rumput. Adapun contoh hewan yang bisa kamu budidayakan dalam peluang usaha di desa ini cukup beragam seperti sapi, kerbau, kambing, ayam dan lain sebagainya.

10. Usaha Pengepul Hasil Panen

Dengan banyaknya penduduk desa yang berprofesi sebagai petani, maka bisa menjadi peluang usaha di desa bagi kamu yakni sebagai pengepul hasil panen. Karena berbagai hasil panen lebih mudah kamu dapatkan di daerah pedesaan. Hal ini sangat cocok bagi kamu memulai usaha penjualan hasil panen dengan hasil yang sangat menguntungkan.

Dalam peluang usaha di desa ini kamu dapat menjadi distributor yang membeli dari petani lokal lalu mengirimkannya ke pasar atau menjualnya langsung di tempat dirumah. Semua itu bias kamu lakukan dan kamu juga harus mengetahui bagaimana keadaan harga dipasarannya.

11. Usaha di Desa dengan Menjalankan Bisnis Online

Dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, maka internetpun menyebar semakin luas pulsa ke pelosok daerah. Hal ini bisa menjadi bisnis di desa yakni dengan membuka bisnis online. Bisnis online merupakan sebuah bisnis yang di jalankan secara online melalui laptop atau komputer yang terhubung dengan internet.

Kecanggihan teknologi semakin membuka peluang untuk berbisnis. Bukan hanya di satu desa saja, melainkan di beberapa desa. Bisnis online ini sangat mudah untuk dilakukan.

Anda bisa melakukannya lewat smartphone, laptop, ataupun komputer di rumah. Yang diperlukan hanyalah koneksi internet agar semuanya berjalan lancar. Banyaknya marketplace yang ada di Indonesia juga bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Tertarik untuk mencobanya?

Pada zaman sekarang, mencari uang bukanlah hal yang sulit. Banyak media yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Niat, kerja keras, dan semangat pantang menyerah adalah tiga hal yang perlu Anda bangun dalam diri.

Bisnis di desa yang satu ini memang sangat menjanjikan untuk di coba, selain mudah menjalankannya, pekerjaan ini juga sangat menyenangkan. Dalam bisnis di desa ini banyak yang bisa kamu jual seperti menjual bibit tanaman online, pakaian online, kue online dan msih banyak lagi produ yang bisa kam tawarkan melalui sosial media.

12. Usaha di Desa Menjual Aneka Bibit Tanaman

Masyarakat desa pada umumnya suka berkebun. Anda bisa menyediakan aneka bibit sesuai dengan trend perkebunan yang ada di pedesaan. Anda bisa menyediakan berbagai jenis bibit. Coba perhatikan trend yang ada, lalu perhatikan juga apa yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Sebagai contoh bibit kelapa sawit, karet, bibit cabai, bibit sayuran dan aneka tanaman kebun lain. Anda tentu bisa menilai, apakah peluang ini ada di desa Anda.itulah tadi beberapa Peluang usaha di desa atau bisnis di kampung yang sangat menjanjikan dalam menghasilkan uang tambahan. Bagi kamu yang tinggal di desa atau di kampung bisa mencoba beberapa Peluang usaha di desa dan juga bisnis di kampung seperti diatas. Cukup sekian informasi yang Bactiar.com sampaikan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

13. Usaha di Desa Membuka Toko Kelontong

Usaha di desa dengan membuka toko kelontong ini sangat cocok di jalankan sebagai bisnis sampingan untuk ibu rumah tangga. Toko kelontong merupakan toko dengan ukuran yang sederhana dimana menjual keperluan sehari-hari para ibu rumah tangga seperti bahan sembako, makanan ringan, bumbu, perabot rumah tangga dan lain sebagainya yang dibutuhkan sehari-hari.

Bahkan di nilai jenis peluang usaha di desa atau di kampung yang satu ini sangat populer dan mampu bertahan dari jenis bisnis di kampung yang lainnya. Coba deh cek di desa atau di kampung-kampung, kita dengan mudah akan menemukan toko kelontong.

14. Usaha Bisnis Online menjadi Reseller

Menjadi reseller adalah salah satu peluang usaha di desa atau kampung yang sangat menguntungkan. Dengan hadirnya media online akan semakin memudahkan transaksi jual beli dimana saja, termasuk hingga ke kawasan daerah pedesaan yang terpencil yang masih terjangkau konseksi internet. Dengan adanya koneksi internet ini, bisa dimanfaatkan untuk memulai peluang usaha di kampung dalam bidang online shop.

Hadirnya media online tentunya semakin memudahkan transaksi jual beli dimana saja, termasuk hingga ke kawasan daerah pedesaan yang terpencil yang masih terjangkau konseksi internet. Dengan adanya koneksi internet ini, bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha di bidang online shop. Beragam jenis barang bisa ditemui di media online.

Dengan menjadi reseller atau dropshoper tentunya dapat berpotensi memberikan keuntungan yang lumayan. Apalagi bisnis satu ini juga bisa dilakukan kapan saja dimana saja sehingga lebih mudah dan cepat.

15. Peluang Usaha di Desa Menjalankan Bisnis makanan khas Daerah

Selanjutnya peluang usaha di kampung yang bisa kamu jalankan ini adalah dengan membuka bisnis makanan daerah. Karena setiap daerah memiliki penghasilan khas daerah tersebut seperti hasil perkebunan salak, pisang, papaya, dan lain sebagainya. Agar hasil kebun tersebut dapat menghasilkan pendapatan, maka tentu sangat bisa diolah menjadi olahan makanan.

Dalam peluang usaha di kampung kamu bisa mengolah hasil perkebunan tersebut menjadi brbagai olahan seperti keripik buah, atau makanan khas lainnya yang bisa menjadi ladang usaha. Dengan adanya media sosial, bisnis makanan di pedesaan bahkan bisa dipasarkan lebih luas lagi sehingga tentu sangat berpotensi menjadi peluang usaha di kampung yang menguntungkan.

16. Usaha di Desa Membuka Bisnis Pengembang Aplikasi

Ada lagi peluang usaha di kampung yang sangat menguntungkan yakni dengan membuka bisnis pengembang aplikasi. Banyak orang yang menyerah sebelum mencoba apabila mendengar bisnis yang ada kaitannya dengan dunia aplikasi. Padahal saat ini aplikasi sangat potensial untuk menghasilkan pundi-pundi uang berupa dollar.

Peluang usaha di kampung ini yang sangat pas untuk di kembangan saat ini seperti aplikasi android, karena untuk menjalankan bisnis ini tidak memerlukan ijazah sarjana, yang terpenting adalah kemampuan dalam bidang tersebut. Jadi tidak ada salahnya menjadi pengembang aplikasi karena memulai peluang usaha di kampung ini tidak membutuhkan dana yang besar, yang penting memiliki laptop.

Seperti contohnya Henry Jufri, beliau adalah orang yang kesehariannya bekerja sebagai kuli panggul di pelabuhan di Makasar, tetapi dengan dorongan ingin merubah masa depan, orang dengan ijazah SD ini belajar membuat aplikasi dan saat ini sudah bisa menghasilkan ribuan dollar dari aplikasi yang di buatnya.

17. Usaha di Desa Menjual Perabot Rumah Tangga

Berikut ini adalah usaha di desa yang juga bisa kamu coba adalah berjualan perabit rumah tangga. Biasanya ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan pedesaan akan mengalami kendala jika ingin berbelanja kebutuhan perabot rumah, seperti peralatan dapur, barang elektronik, kasur, lemari, dan lain sebagainya.

Untuk itulah adanya peluang usaha di desa yang menyediakan perabot rumah tangga ini menjadi salah satu peluang usaha di desa berkembang yang sangat menguntungkan. Karena mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota untuk membeli perabotan yang mereka butuhkan.

18. Usaha Pom Bensin Mini

Adapun salah satu peluang usaha di desa yang bisa kamu jalankan kali ini adalah dengan membuka pom bensin mini. Karena saat ini, alat transportasi yang menggunakan bahan bakar minyak atau BBM sudah tersebar dan menjangkau ke semua tempat, termasuk desa-desa terpencil. Oleh karena itulah peluang usaha di desa ini sangat cocok menjadi usaha yang menguntungkan bagi kamu.

Karena, penyebaran stasiun pengisian BBM belum seluas penyebaran alat transportasi, maka kamu dapat menyediakan peluang usaha di desa ini dengan mendirikan pom bensin mini. Dalam peluang usaha di desa ini produk dan layanan kamu akan pasti akan dibutuhkan karena akan memberikan kemudahan bagi pemilik alat transportasi di desa untuk membeli bahan bakar.

19. Peluang Usaha Konveksi

Membuka usaha konveksi adalah salah satu peluang usaha di kampung yang juga wajib kamu coba. Karena saat ini banyak orang yag membuka usaha ini dan sukses besar. Pakaian adalah kebutuhan pokok manusia selain pangan dan papan. Artinya peluang usaha di kampung dalam jasa pembuatan baju dan pakaian akan selalu dibutuhkan dimanapun kamu berada termasuk di desa.

Jika kita kreatif dalam menjalankan peluang usaha di kampung ini makan usaha konveksi di desa akan tumbuh dengan cepat karena minimnya saingan yang ada. Yang terpenting dalam menjalankan peluang usaha di kampung ini adalah ilmu yang tepat dari seseorang yang telah sukses dengan bisnis konveksi. Jadi kamu bisa belajar banyak tentang usaha ini.

20. Usaha Properti

Masih ada lagi peluang usaha di desa yang bisa kamu coba yakni dengan membuka usaha properti. Bisnis properti memang cukup melambung saat ini, mungkin karena harga properti yang terus tinggi. Tetapi peluang usaha di desa dalam bidang properti ini sebenarnya merupakan jenis usaha modal besar. Karena beberapa properti dengan nilai jual yang meningkat sangat banyak macamnya.

Dalam menjalankan peluang usaha di desa ini kamu bisa menjual properti seperti rumah, tanah, rumah kontrakan, kos, bangunan, ruko, sawah, hotel, apatermen dan masih banyak lagi properti lainnya. tetapi jika kamu tidak memiliki modal, maka kamu bisa menjadi perantara antara pemilik properti dengan calon pembeli property tersebut agar peluang usaha di desa ini tetap berjalan.

21. Peluang Usaha Bengkel di Desa

Peluang usaha di desa atau peluang usaha di kampung ini, sangat cocok buat teman-teman yang mempunyai ketrampilan yakni di bidang otomotif. Bingung mau buka usaha apa kalau kamu hidup di desa atau di kampung?

Gampang kok, kamu tinggal buka bengkel motor atau mobil aja, akan tetapi bisnis di desa yang satu ini hanya cocok buat teman-teman yang punya ketrampilan otomotif aja ya? Karena juga banyak orang yang punya mobil atau motor tapi tidak bisa memperbaiki sendiri jika ada kerusakan.

Selain buka bengkel, teman-teman juga bisa menyediakan sparepart motor atau mobil di bengkel teman-teman atau hanya sekedar oli juga bisa. Pokoknya nampaknya usaha di desa yang satu ini nggak ada matinya deh.

22. Usaha di Desa Buka Salon Jasa Potong Rambut

Ngapain potong rambut jauh-jauh ke kota kalau ada yang dekat dan berkualitas? mungkin itu suatu hal yang ada di benak calon konsumen kita yang ada di desa saat ingin potong rambut. Jadi teman-teman bisa membuka jasa potong rambut deh di desa.

Akan tetapi jenis bisnis di desa atau di kampung yang satu ini juga sangat membutuhkan ketrampilan lho dalam memangkas rambut. Penghasilan dari jasa potong rambut ini nggak bisa di pandang sebelah mata lho teman-teman.

Bayangin aja kalau setiap orang yang di potong rambutnya di kenakan tarif Rp. 15.000 saja, kalau setiap hari ada 10 konsumen yang memotong rambutnya di salon kita. Penghasilan kita dalam sehari Rp. 150.000 lho. Menggiurkan bukan?

23. Usaha di Desa Jualan sarapan

Ada banyak menu sarapan pagi yang bisa dijadikan pilihan, misalnya lontong, soto, pecel, dan nasi uduk. Semua menu tersebut merupakan menu yang sangat disukai masyarakat Indonesia.

Rasanya juga pas di lidah. Bagi ibu rumah tangga yang suka memasak, tidak ada salahnya jika membuka usaha ini. Namun, Anda perlu memastikan terlebih dahulu, apakah masakan tersebut enak atau tidak.

24. Usaha di Desa Berkebun kelapa

Harga kelapa sekarang ini memang cenderung naik, terutama di wilayah yang memang belum banyak pohon kelapa. Nah bagi Anda yang memiliki lahan, kebun kelapa cukup menjanjikan. Anda bisa menjual hasil panen ke penampung atau membuka warung sekaligus menjual santan kelapa.

Anda bisa menjadi penampung sekaligus jika Anda memiliki modal yang cukup. Cari agen terlebih dahulu, kemudian pancing dengan hasil panen yang telah Anda miliki.

Perawatan kebun kelapa terbilang cukup mudah. Pohon kelapa hanya perlu bersih dan tanah yang cocok untuk tumbuh. Tidak ada perlakuan khusus agar pohon kelapa bisa berbuah.

25. Usaha di Desa Menjual Aneka kerupuk atau keripik

Jangan remehkan kerupuk. Walaupun terdengar kerupuk hasilnya bisa segepuk. Banyak kisah sukses para pengusaha kerupuk yang ada sekarang ini. Strateginya ada dimana? Pertama yaitu tentang rasa, yang kedua strategi pemasaran.

Cara menguji apakah kerupuk Anda enak atau tidak silahkan coba titip terlebih dahulu di beberapa warung untuk survey. Cari cara agar kerupuk Anda enak. Jika sudah laris manis, langkah selanjutnya terapkan strategi penjualan.

Strategi penjualan akan menjadi mudah ketika kerupuk Anda enak, apa lagi dengan perkembangan dunia digital bisnis online yang sedang booming saat ini anda bisa memanfaatkan fasilitas internet melalui website blog maupun sosial media memasarkan produk usaha kerupuk/kripik yang anda buat.

Apa saja jenis kerupuk yang bisa di buat untuk di Jual? beberapa contoh berikut ini.

  • Kerupuk jengkol
  • Kerupuk udang
  • Kerupuk ikan
  • Kerupuk rasa ciptaan Anda
  • Dan aneka keripik
26. Peluang Usaha Rental Playstation di Desa atau Kampung

Salah satu trend game yang terus digandrungi oleh para pecinta game adalah Playstation. Game ini terbilang sangat terkenal dimana – mana. Anda bisa membuka usaha ini dengan catatan Anda harus bertanya terlebih dahulu pada orang yang telah terlebih dahulu membuka usaha ini. Tujuannya adalah agar Anda mendapatkan gambaran dan apa saja keuntungan dan kendala yang sering dihadapi.

27. Usaha Kelontong

Toko kelontong merupakan toko yang menjual kebutuhan sehari-hari. Misalnya, cabai, bawang merah, sayur-mayur, ikan, dan bumbu masak. Banyak orang memandang remeh usaha yang satu ini. Maklum saja, toko kelontong terlihat sangat sederhana.

Namun, keuntungan yang didapatkan tidak bisa disepelekan, Anda yang berstatus sebagai ibu rumah tangga sangat cocok menjalankan usaha kelontong ini. Untuk pembelian bahan, Anda bisa bekerja sama dengan para petani dan nelayan di desa. Karena sebagai tangan pertama, harga yang didapatkan bisa semakin murah.

28. Bisnis Industri Kreatif

Industri kreatif di Indonesia sangat berpotensi untuk memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Apalagi dengan adanya media internet, membuat para pengrajin dari desa dapat memasarkan produknya hingga ke luar negeri.

Contoh usaha di bidang industry kreatif ini misalnya membuat kerajinan tangan, membuat karya lukisan, desain grafis, membuat website, membuat aksesoris, tas, merajut scarf, dan yang lainnya.

Namun yang perlu diperhatikan, ada hal utama yang paling penting dalam merintis bisnis di bidang industry kreatif. Hal tersebut adalah skill yang memadai, dimana dengan adanya skill maka bisnis akan semakin mudah untuk dijalani.

Melihat beberapa contoh peluang usaha di desa tersebut diatas, terbukti bahwa bisnis apapun bisa berkembang dimana saja, tidak melulu hanya di kawasan perkotaan atau daerah lainnya yang seringkali dianggap lebih maju.

Apalagi dengan berkembangnya bidang E-Commerce di dunia digital, bisnis kecil di pedesaan kini dapat berpotensi untuk go nasional bahkan internasional karena kemudahan dari segi transaksi informasi dan pengiriman.

Untuk itu jika anda berdomisili di pedesaan, jangan berkecil hati. Hilangkan stigma bahwa kota memiliki peluang kerja yang lebih besar, karena pada dasarnya peluang usaha ada dimana saja tergantung dari ketepatan kita dalam membaca kondisi pasar.

Merintis usaha di desa bahkan terbilang lebih menguntungkan. Biasanya hasil alam di desa banyak dibutuhkan oleh para pelaku bisnis di kota, misalnya toko buah, sayur, pasar, toko daging, dan lain sebagainya yang tentunya mereka dapatkan dari hasil alam di pedesaan.

Dengan banyaknya potensi yang ada di desa inilah tentu dapat dikatakan bahwa kawasan desa berkembang juga dapat berpotensi menjadi tempat yang cocok untuk beriwirausaha.

Baca Juga : 

Demikian itu tadi beberapa Peluang usaha di desa atau bisnis di kampung yang sangat menjanjikan dalam menghasilkan uang tambahan. Bagi kamu yang tinggal di desa atau di kampung bisa mencoba beberapa Peluang usaha di desa dan juga bisnis di kampung seperti diatas. Cukup sekian informasinya semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (Sb : Google Search)

Tags: