6 Tips Sukses Bisnis Dropshipping


Tips Bisnis BropshippingTips Sukses Bisnis Dropshipping – Menemukan produk yang cocok untuk dijual di toko online Anda bisa jadi pengalaman yang cukup sulit, apalagi jika Anda masih tergolong baru dalam dunia eCommerse. Bukan berarti menganggap remeh kemampuan Anda, tapi karena begitu pentingnya mengisi daftar produk toko online dengan produk yang berkualitas dimana Anda dapat menjualnya pada tingkat harga yang wajar untuk pelanggan.

Tips Sukses Bisnis Dropshipping

Satu cara termudah untuk sampai sana adalah dengan menjalankaan bisnis online dengan metode dropshipping. Saat Anda menyediakan produk produk terbaik pada toko dropshipping Anda, maka tidak ada batasan jumlah pundi pundi uang yang bisa Anda dapatkan.

Melalui tulisan ini diharapkan dapat membantu Anda menemukan produk terbaik untuk bisnis online dropship Anda.

1. APA ITU DROPSHIPPING ?

Dropshipping merupakan salah satu bisnis eCommerse yang mempermudah Anda menemukan dan menjual produk tanpa mempunyai inventori produk tersebut. Dengan metode ini, Anda hanya memesan langsung ke suplier, yang nanti akan langsung mengirimkan produk tersebut ke pelanggan yang memesan.

Dalam menjalankan bisnis ini tentunya akan jauh mengurangi biaya investasi dibanding bisnis eCommerse pada umumnya, yang memerlukan stok produk dan butuh sumber daya untuk menyimpannya hingga pelanggan melakukan pembelian. Dropshipping memberi keleluasaan Anda memulai bisnis online Anda sendiri dengan resiko finansial yang relatif kecil.

2. MENGAPA HARUS DROPSHIPPING ?

Untuk entrepreneur yang ingin memulai bisnis eCommerse sendiri, fokus pertama pastilah pada kebutuhan dana dan waktu untuk mengelola inventori produk. Tapi jika menjalankan bisnis dropshipping, Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu, Anda dapat fokus pada penjualan dan meningkatkan trafik pengunjung ke toko Anda.

Dropshipping merupakan metode yang sederhana dan efektif untuk menjalankan bisnis Anda. Waktu yang Anda alokasikan untuk menjalankan toko akan sepenuhnya berada di tangan Anda. Anda punya peluang untuk tidak perlu keluar dari pekerjaan Anda sekarang.

3. TEMUKAN PRODUK DROOPSHIPPING YANG TEPAT

Meskipun metode bisnis dropshipping ini bisa berikan kebebasan bagi entrepreneur, tapi ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan saat Anda memilih produknya. Produk yang saat ini populer atau nge-trend merupakan produk terbaik untuk bisnis dropshipping. Dan jika Anda lakukan sebelum produk itu dijuall secara masal maka Anda akan mendapat keuntungan biaya marketing rendah dan menjadikan toko Anda sebagai yang terdepan di bidangnya.

Bila Anda berminat mencari produk yang sedang trending atau produk yang akan populer waktu yang akan daatang, Anda dapat memeriksa beberapa sumber berikut :

Telusuri setiap sumber di atas dan buat catatan jika Anda menemukan suatu produk trending yang cocok untuk toko Anda. Luangkan waktu untuk memikirkan bagaimana Anda memasarkan produk tersebut kepada pengunjung toko Anda.

4. PILIH NICHE

Membidik pasar yang spesifik dapat menjadi jalan terbaik untuk toko dropshipping Anda tumbuh dan mendapat untung. Coba saja periksa melalui Google Trends dan lakukan beberapa penelitian pada pasar spesifik yang mempunyai potensi paling besar, pilihlah pasar tersebut sebagai produk dropshipping Anda.

Ingat, Anda akan kurang menghadapi suatu kompetisi jika Anda menjalankan dropshipping untuk pasar yang lebih spesifik. Hal tersebut berdampak marketing dengan biaya lebih rendah, apalagi jika Anda menggunakan Facebook advertising atau Google Adwords. Hal tersebut tentu saja akan dengan mudah menempatkan Anda di ranking atas di mesin pencari dan itu sangat baik untuk pertumbuhan jangka panjang bisnis dropshipping Anda.

Menggunakan pasar yang lebih spesifik pada bisnis dropshipping bukan berarti Anda tidak bisa mengembangkan bisnis ke lingkup yang berbeda di kemudian hari. Saat Anda sudah menyadari bahwa toko Anda adalah pemimpin dalam lingkup bisnis tersebut maka Anda dapat menambahkan produk yang masih berhubungan dan yang tentunya Anda percaya pelanggan Anda saat ini juga menyukainya.

5. MARKUP HARGA YANG WAJAR

Titik acuan dari bisnis eCommerse sukses salah satunya adalah kemampuan untuk menghasilkan untung, dan produk Anda harusnya juga bertolak dari pemikiran tersebut. Cobalah berusaha menemukan produk yang dapat Anda jual setidaknya seratus ribu lebih dari harga awalnya. Sebagai contoh, jika membeli sebuah baju untuk harga lima puluh ribu, maka berusahalah coba menjual di toko Anda dengan harga seratus ribu. Sehingga penjualan Anda dapat menutup biaya Anda membeli, biaya marketing dan masih tetap bisa memberikan Anda batas keuntungan bersih yang baik.

6. PEMILIHAN SUPLIER DARI PRODUK DROPSHIPPING

Bisnis dropshipping yang sukses dipastikan mempunyai hubungan yang kuat dengan pihak suplier yang dapat menyediakan produk kualitas tinggi dengan harga yang terjangkau.

Berbagai macam suplier bagus bagi wirausaha eCommerse, dan platform seperti AliExpress membuatnya menjadi semakin mudah untuk menemukan suplier tersebut. Saat Anda melakukan pencarian suplier pada AliExpress, pastikan Anda sudah memeriksa kondisi feedback dari usaha mereka dan kapan mereka mulai melakukan bisnis.

Suplier yang mempunyai feedback yang baik dan sudah usaha sudah berjalan dalam waktu yang lama akan lebih dapat dipercaya sebagai suplier yang memberikan layanan yang baik pula untuk wirausaha dropshipping. Pastikan Anda membeli produk dari suplier yang seperti itu.

Baca Juga :

Nah, Saatnya Anda memulai bisnis dropshipping. Semua informasi penting sudah Anda dapatkan untuk memulainya hari ini. selamat mencoba ! (Sb : MarketingJoss)

Rate this article!
Tags: