Inilah Tips Sukses Menjadi Food Blogger di Indonesia


Tips Food BloggerTips Food BloggerFood blogger adalah blogger yang mengandalkan materi blognya pada hal di seputar makanan dan minuman atau kuliner. Blog niche (blog khusus) yang mengupas tentang dunia kuliner ini kini memang sedang marak di Indonesia. Meski belum terlalu mendapat perlakuan spesial seperti di negara lain seperti Singapura, namun keberadaan food blogger Indonesia ini tak boleh dianggap sebelah mata. Dengan perkembangan yang cukup pesat, food blogger di Indonesia akan bersiap untuk semakin professional dan menjadi sebuah profesi.

Yang menjadi bukti bahwa food blogger memiliki harapan yang cerah adalah kepopuleran para food blogger yang kini acapkali diundang oleh beberapa resto untuk mempromosikan makanannya. Hal ini memang tak berlebihan, sebab para food blogger telah mampu menghadirkan jumlah pengunjung blog yang fantastis.

Cek saja yang terjadi pada blog Eatandtreats.blogspot.com yang dimiliki Hans Danial. Blog yang baru dikelola 1,5 tahun ini telah sukses membuat blognya dibaca sekitar 10.000 pengunjung dalam satu hari. Blognya sendiri kini telah mendapat total satu juta kunjungan. Diakui Hans, prospek food blogger sendiri akan mendapat apresiasi yang baik dalam waktu setahun – dua tahun ke depan.

Senada dengan Hans, Food blogger lainnya, Ian Eryanto Wongso juga menyatakan bahwa food blogger kini semakin dianggap. Pemilik blog Lyonandmia.com ini berpendapat bahwa food blogger tak bisa lagi dipandang sebelah mata. Menurutnya, gaya penulisan saat mengulas kuliner yang lebih bebas dan luwes inilah yang membuat para blogger sekarang lebih mudah dikenal dan populer.

Tips Sukses Menjadi Food Blogger di Indonesia

Untuk menjadi food blogger yang mumpuni tentu tak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh usaha dan perjuangan yang keras guna menghadirkan traffic pengunjung blog yang banyak. Berikut ini dikutip dari maxmanroe ada beberapa tips dari para food blogger Indonesia ternama untuk siapapun yang ingin meraih sukses dengan blog bertema kuliner ini.

1. Harus Memiliki Passion

Yang paling penting harus dimiliki seorang food blogger adalah niat atau passion. Keistimewan sebagai seorang food blogger yang berpeluang menghasilkan pendapatan dan juga mampu menarik perhatian banyak resto untuk mengundang mereka memang kemudian membuat banyak orang ingin menjadi food blogger. Namun menurut Hans Danial, seorang food blogger seharusnya jangan berfokus pada mencari untung dan ingin makan gratis saja.

Seorang food bloger haruslah punya niat, passion serta rasa cinta pada dunia kuliner. Tujuan menjadi seorang food blogger haruslah berkesan lebih bermakna dari cuma diundang untuk icip-icip di restoran besar, tutur Eddy, food blogger pemilik Eshtravaganza.com.

2. Skill Menulis Dan Memotret

Namanya blogger pasti harus memiliki kemampuan menulis yang kuat. Namun untuk food blogger yang harus pula menampilkan foto makanan yang diulasnya, maka mereka dianjurkan juga menguasai beberapa teknik memotret. Kemampuan menulis dan memotret makanan ini akan menjadi kekuatan sebagai modal untuk menjadi food blogger sukses.

Menurut Verdi Danutirto, pemilik blog Thehungrydoctor.net, tulisan dan gambar ini memang menjadi daya tarik dari sebuah ulasan kuliner. Kalau seorang food blogger tidak bisa menguasai salah satu dari keduanya maka biasanya mereka mengalami stuck, tambah Verdi.

3. Konsisten Menulis

Menulis bagi para food blogger haruslah menjadi suatu kebiasaan. Artinya mereka yang memutuskan untuk terjun di dunia blogging musti konsisten dalam menulis agar blognya selalu hidup. Jika food blogger selalu mengupdate dengan rajin menulis dan mengulas kuliner maka mereka bisa meminimalisir blognya kehilangan pembaca.

4. Strategi Menyiasati Dana

Seorang food blogger tentunya akan sering berkunjung ke resto-resto untuk menyicipi makanan. Dan untuk menyicipi kuliner tersebut maka para blogger ini harus menyisihkan dana. Dengan intensnya para food blogger ini ke berbagai tempat makan, maka mereka harus mampu mengatur keuangan agar tidak merugi atau bangkrut.

Menurut pemilik Thedelicaciesjournal.com, Shelmi Setiawan, seorang food blogger harus punya strategi keuangan. Shelmi sendiri biasanya mengakali hal ini dengan cara datang ke resto beramai-ramai bersama food blogger lainnya agar dapat mencicipi lebih banyak kuliner. Jadi sekali datang, bisa banyak makanan yang diulas dan ditulis, tukasnya.

5. Jujur Saat Memberikan Ulasan

Hal yang seringkali membuat dilema para food blogger adalah kejujuran. Memang saat mengulas suatu kuliner biasanya mereka diharuskan memberikan rekomendasi atas makanan yang dicicipinya. Rekomendasi inilah yang sering membuat para food blogger bimbang. Disatu sisi ia diharuskan jujur namun disisi lain ia harus merekomendasikan makanan. Jika makanannya memang enak sih tidak ada masalah, namun permasalahannya jika makanan yang dicicipi tidak enak, apa ia harus bohong?

Food blogger Ellyna Tjohnardi menyarankan bahwa seorang food blogger haruslah memilih jujur. Karena dengan kejujuran, reputasi baik seorang blogger akan tetap terjaga. Dia mengatakan bahwa para food blogger haruslah menulis sesuai apa yang ia cicipi. Untuk menghadapi dilema yang ada, Ellyana mempunyai tips untuk menyikapinya.

Menurutnya, jika ada makanan yang tidak sesuai untuk direkomendasikan biasanya ia akan menyimpan hal kurang baik itu atau menyampaikan hal yang postitifnya. Karena menurutnya pasti ada hal yang positif dari resto atau sisi lain dari makanan tersebut untuk ditulis dan direkomendasikan.

Daftar Food Blogger Indonesia

Daftar Food Blogger IndonesiaBlog yang khusus mengupas tentang dunia kuliner saat ini sedang marak di Indonesia. Meski belum terlalu mendapat perlakuan spesial seperti di negara tetangga kita, Singapura, Tapi keberadaan food blogger Indonesia ini tidak boleh dianggap sebelah mata.

Sangat menyenangkan sekali berkunjung ke situs mereka, kalian akan disuguhkan dengan foto-foto yang dapat membuat mulut ngiler serta honest review dari mereka. Yuk simak, food blogger yang telah kami rangkum berikut.

1. Food Blogger Thehungrydoctor.net

Blogger yang tergabung dalam komunitas Food Blogger Indonesia ini bernama lengkap Verdi D. Tanu merupakan pemilik Blog Thehungrydoctor.net dan ia merupakan mahasiswa kedokteran disalah satu perguruan tinggi, blognya tidak hanya berisi mengenai review makanan tetapi juga berisi mengenai tempat-tempat makan yang oke punya selain itu travelling pribadi juga dituangkan oleh Verdi dalam tulisan didalam blognya.

2. Anakjajan.com

Blog anakjajan.com ini dimulai pada pertengahan 2011 lalu di kelola oleh Julia Veronica dan Marius Tjenderasa, karena banyak respon positif dari pembacara, pada akhirnya mereka menjadikan kegiatan perjalanan jajan dan makanan ini menjadi profesi utama mereka. Masalah fotografi ditangani oleh Marius dan semua tulisan dikerjakan oleh Julia.

Latar pekerjaan sebelumnya sebagai fotografer dan editor membuat blog anakjajan.com kian terlihat menarik. Selain menjelajah kuliner di seluruh Indonesia, mereka juga beberapa kali ke luar negri untuk mencicipi kuliner internasional. Blog anakjajan.com sendiri tidak hanya berisi mengenai review makanan tetapi banyak sekali isinya diantaranya resep makanan, tempat makan yang asyik, makanan jepang juga ada.

3. Aline-aline-aline.blogspot.com

Untuk seorang Aline makan bukan hanya sekedar kebutuhan primer yang harus dipenuhi, melainkan sudah menjadi ritual kecil tersendiri untuk menikmati hidup. Dengan makan, dia belajar mengenal rasa dan belajar untuk tahu lebih jauh mengenai bahan & bumbu makanan serta proses pembuatannya. Isi dari blognya selalu segar dan pastinya cocok untuk referensi kalian.

4. Inijie.com

Food blogger dengan alamat blog Inijie.com dan dimiliki oleh Jie W.Kusumo ini tidak mau mengakui bahwa dia adalah food blogger tetapi hanya kebetulan saja dia suka jalan-jalan bersama teman-temannya setiap malam minggu yang biasanya selalu diselingi dengan acara makan-makan. Spot tempat makan yang dia kunjungi semuanya dituangkan dalam bentuk foto dan tulisan didalam blog pribadinya.

Tak hanya berisi tentang tempat kuliner yang dia kunjungi, tetapi blognya juga berisi mengenai info-info sekitar makanan baik itu tempat makan ataupun kandungan gizi dan mitos dalam makanan.

5. Myfunfoodiary.com

Food Blogger cantik Mullie Marlina memulai tulisannya diblog sejak Juli 2012. Meskipun ngeblog bukan sebagai pekerjaan utamanya dia selalu menyempatkan diri untuk mencari berbagai makanan yang enak sekaligus unik dari berbagai tempat makan di Jakarta dan kota-kota lainnya di Indonesia. Blog miliknya mencapai 21.000 page view setiap harinya. Mullie lebih sering posting foto menu makanan dari restoran Jepang dan Korea. Selain itu, ia juga sering menjelajah kedai kopi yang memiliki sajian menu menarik.

6. Thefoodescape.com

Food blogger dengan alamat blog Thefoodescape.com dikelola oleh Daisy Caroline & Yu Kato. Daisy Caroline merupakan seorang dokter yang hobi berkeliling dunia dan menikmati makanan. Sedangkan Yu Kato adalah seorang fotografer yang sudah lama masuk dalam dunia food and beverages (F&B). Mereka sudah menjadi pasangan saat membentuk blog sejak November 2010. Dalam blog pribadinya mereka juga menyertakan berapa budget yang sesuai dengan kantong kita direview makanan yang mereka tulis.

7. Niyaoke.blogspot.com

Food blogger yang di kelola oleh Niya ini memulai tulisannya dari tahun 2009 dan memiliki tagline “The one with big appetite and big bones whose life goal is to eat well, sleep well, travel well” tak heran jika tampilan blog pribadinya sangat ceria yang menggambarkan pribadinya. Dalam blog pribadinya, niya lebih banyak mengulas mengenai tempat makan yang oke yang ada di kota-kota besar di Indonesia maupun luar negri.

8. Thedelicaciesjournal.com

Food blogger cantik asal Jakarta yang memiliki nama lengkap Shelmi Setiawan ini menuliskan mengenai apa yang dicicipi dan dimakannya diblog Thedelicaciesjournal.com miliknya, pekerjaan utamanya adalah seorang fotografer dan dia sangat menyukai pekerjaan yang berbau kreatif sedang blog adalah hanya sekedar hobinya. Dalam blognya, Shelmi mengedepankan unsur photografi karena dia adalah seorang fotografer, meski ulasannya sedikit tapi itu sangat cukup karena ulasahan dari shelmi ringkas tetapi padat berisi.

9. Lulabyspoon.blogspot.com

Cindy Lulaby adalah food blogger muda kelahiran 1993, ia memiliki hobi mencoba makanan baru, klasik, termasuk juga makanan-makanan unik. Ketika dia berkunjung dan mencicipi makanan dia akan memfoto makanan tersebut dan diposting di blog pribadinya. Dibantu dengan partner-nya, June, dibagian foto dan sekarang mereka memiliki sebuah restaurant di Jakarta. Cindy biasanya selalu menambahkan daftar harga dan jam operasi tempat makan yang dia datangi sehingga para pembaca bisa menyesuaikan budget dan waktu.

Baca Juga :

Penasaran Segera dikunjungi blog pribadi mereka pastinya kalian akan mendapatkan banyak info-info baru mengenai kuliner di daerah-daerah di Indonesia maupun di luar negeri di sana. Oke Demikian beberapa tips food blogger dan daftar food blogger Indonesia yang tentunya telah meraih sukses dan bisa menjadi inspirasi untuk Anda yang ingin menjadi food blogger sukses. Selamat mencoba !

Jasa Pembuatan Website Toko Online

Tags: