Fungsi, Jenis-jenis, Sejarah dan Pengertian Blog


Sejarah dan Pengertian Blog Sejarah dan Pengertian Blog – Pemahaman mengenai Blog merupakan hal mendasar dalam dunia blogging. Blog adalah singkatan dari Website Log atau Web Log, yakni halaman situs (web page) di internet yang umumnya berupa situs pribadi atau milik perseorangan (individu). Untuk lebih jelas mengenai Sejarah dan pengertian blog yuk baca terus ulasan berikut ini.

Pengertian Blog

Blog adalah kependekan dari Weblog, istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Dengan kata lain, Weblog dapat diartikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia. Ada pula yang mendefinisikan blog sebagai situs yang sifatnya pribadi, yang lebih menitik beratkan kepada penggambaran dari orang yang membuat blog itu sendiri.

Pengerian Blog Menurut Wikipedia berdasarkan sumber History of Blog, blog adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web.

Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Sejarah Blog

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com milik Pyra Labs sebelum diakuisisi oleh Google sekitar akhir 2002.

Berbagai sumber menyebutkan, istilah Blog (Weblog) pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada Desember 1997.

Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Seorang mahasiswa Amerika, Justin Hall, dikenal sebagai blogger pertama di dunia. Ia membuat website pribadi “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah menjadi “Links from the Underground” pada Januari 1994.

Jumlah blog di awal 1990-an berada di kisaran 23 blog. Kini, tahun 2016, jumlah blog diperkirakan mencapai 200 juta dengan posting baru antara 4-5 juta per hari (Sumber : Worldo Meters).

Fungsi Blog

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, mulai dari sebuah catatan harian (online diary), media publikasi dalam sebuah kampanye politik, media pemasaran barang dan jasa, media promosi bisnis, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis. Banyak juga blog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat sebaliknya (non-interaktif).

Situs-situs web yang saling berkaitan berkat blog, atau secara total merupakan kumpulan blog sering disebut sebagai blogosphere.

Kumpulan gelombang aktivitas, informasi, dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subjek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm (badai blog).

Jenis-Jenis Blog

Menurut Wikipedia, jenis-jenis blog dari segi isi (konten) adalah sebagai berikut:

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog perjalanan (Blog Travel): Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
  • Blog mode: Lebih dikenal dengan “fashion blog”. Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.
  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi
  • Blog agama: Membahas tentang agama
  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek di luar manusia; seperti anjing
  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Baca Juga :

Demikian itu tadi sejarah dan pengertian blog, semoga artikel yang membahas mengenai pengertian, sejarah, fungsi dan jenis-jenis blog diatas bermanfaat buat Anda !

Jasa Pembuatan Website Toko Online

Tags: