Apakah Perut Anda Terasa Sakit Saat Berlari ? Ini Penyebab dan Pencegahannya


Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Olahraga Lari

Mengapa Perut Terasa Sakit Saat Berlari – Olahraga Lari memang sangat mudah dan tidak mengeluarkan biaya dalam melakukannya, Akan tetapi disamping kita melakukannya dan tanpa biaya ternyata berlari juga ada efeknya yaitu membuat badan tidak nyaman salah satunya perut terasa sakit saat sedang berlari entah itu suatu penyakit atau bukan faktanya itu sering sekali terjadi.Indikator rasa nyeri semakin lama semakin kuat jika anda terus berlari alasannya dalam kondisi ini bahwa adanya beberapa masalah atau ketidak seimbangan dalam pola makan atau dalam sistem pencernaan anda secara keseluruhan.

Mengapa Perut Terasa Sakit Saat Berlari

Penjelasan medis tentang hal ini karena suplai oksigen dalam tubuh mulai berkurang dan juga karena hilangnya cairan dalam tubuh/dehidrasi serta kekurangan pottasium dan elektorit pasalnya ketika berolahraga tubuh manjadi berkeringat dan kehilangan elektrolit.Oleh karena itu, anda harus memastikan untuk minum air yang cukup sebelum berolahraga dan pentingnya cara mengendalikan teknik pernafasan anda. Nah, apakah Anda pernah mengalami sakit perut saat berlari, lantas mengapa ya? untuk menjawab pertanyaan ini baca ulasan berikut.

Mengatasi Perut Sakit Saat Lari

Perut Sakit Saat Lari

Penyebab Perut Terasa Sakit Saat Berlari

Sakit perut pada saat berlari ini berbeda dengan kram perut pada kram perut terdapat jelas ketegangan otot-otot perut akan tetapi pada sakit perut biasanya dirasakan tepat dibawah tulang rusuk hal ini muncul karena berkurangnya aliran darah ke diagfarma dikarnakan darah banyak tersalurkan ke otot-otot kaki untuk berlari atau berolahraga, pada kasus sakit perut saat beralari dapat mereda ketika seseorang menurunkan intensitas olahraganya.

1. Dehidrasi (Kekurangan Cairan)

Dehidrasi sendiri dapat juga membuat anda mengalami rasa sakit pada perut saat melakukan olah raga lari. Dehidrasi merupakan gangguan keseimbangan cairan atau air dalam tubuh hal ini terjadi karena pengeluaran air lebih banyak dari pada pemasukan (air minum).

2. Tubuh kekurangan Pasukan oksigen

Penjelasan dalam hal ini bahwa rasa sakit di perut saat berlari terjadi pada dinding otot dan bisa menjalar ke tempat yang lain untuk mencegahnya anda harus mengetahui serta mengontrol teknik pernafasan .

3. Terjadinya Kram Perut

Kondisi kram perut terjadi jika tubuh kurang pemanasan atau berlari saat perut sedang dalam keadaan kenyang kondisi ini harus dihindari, lakukan pemanasan yang cukup dan tidak mengkonsumsi banyak makan berat saat ingin berlari.

4. Masalah Pada Usus Besar atau Kandung Kemih

Apabila organ di dalam tubuh seperti usus besar atau kendung kemih serta otot pinggul mengalami gangguan maka hali ini berdampak dengan timbulnya rasa sakit di perut saat berlari untuk itu hindari berlari cepat atau terlalu keras pada awal berlari.

Paket Agen Produk Kosmetik

Cara Mengatasi Perut Terasa Sakit Saat Berlari

Mencegah Perut Terasa Sakit Saat Berlari – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyebab sakit perut saat berlari menurut uraian diatas biasanya terjadi karena kekurangan cairan msupun pasokan oksigen, terjadinya kram perut, bisa juga karena pola makan tidak baik atau sistem pencernaan bermasalah. Nah, untuk mengatasi timbulnya rasa sakit perut saat berlari sebaiknya lakukan pencegahan seperti uraian berikut di bawah ini sebelum Anda berlari.

1. Melakukan Pemanasan

Bila Anda tidak melakukan pemanasan sebelum berlari, maka wajar saja perut terasa sakit. Hal itu karena Anda tidak mempersiapkan tubuh terlebih dahulu sehingga terjadi kram di perut. Tanpa pemanasan, tubuh akan mengalami cedera atau kram.

2. Hindari Berbicara Saat Berlari

Hal ini jangan dianggap sepele, karena bicara saat lari ternyata dapat mempengaruhi munculnya sakit pada perut. Bila berlari sambil bicara, udara akan masuk ke dalam perut sehingga menimbulkan rasa sakit tersebut. Jika Anda berlari bersama teman, sebaiknya hindari kegiatan mengobrol. Anda dapat bicara sepuasnya nanti ketika selesai berlari.

3. Hindari Kebiasaan Berlari Ketika Baru Saja Selesai Makan dan Minum

Ketika Anda melakukan lari tepat setelah mengisi perut, hal ini dapat membuat perut Anda sakit. Sebab, saat itu lambung sedang memproses makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Oleh karena itu, jika baru saja selesai makan atau minum sebaiknya Anda tidak buru-bur melakukan olahraga lari.

4. Jangan Sampai Kekurangan Cairan Tubuh

Ketika berolahraga, terutama olahraga lari, keringat yang keluar cukup banyak. Oleh sebab itu, cairan tubuh Anda akan banyak berkurang. Untuk itu, sebaiknya banyak-banyaklah minum sebelum mulai berlari. Anda juga dapat membawa air minum sebagai bekal lari Anda.

Cara termudah untuk meredakan sakit perut saat berlari adalah dengan menghentikan aktifitas fisik yang anda lakukan dan menggosok atau memijat daerah perut yang sakit dengan lembut dan pelan serta atur pola pernafasan anda. Jika anda mengalami sakit perut atau kram perut secara berturut-turut sebaiknya anda harus mengunjungidokter, sebabnya bilamana kondisi ini di hiraukan akan berakibat fatal dan berujung pada gejala penyakit tertentu.

Baca Juga :

- 8 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental yang Belum Kamu Ketahui
- Menurut Penelitian: Jalan Kaki Bikin Otak Makin Cerdas
- Malas Cuci Tangan? Awas 6 Bahaya Ini Mengintaimu

Olahraga teratur dan menjaga pola makan adalah kunci sukses pola hidup sehat yang penting dilakukan agar stamina tubuh dapat terjaga serta kesehatan tubuh yang bebas dari segala jenis penyakit. Demikian tips Cara Mengatasi Perut Terasa Sakit Saat Berlari, Semoga Bermanfaat dan ingat Jaga kesehatan ya..

Tags: