8 Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental yang Belum Kamu Ketahui


Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat Lari Bagi Kesehatan Via Vemale.com

Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental – Saat ini Olahraga lari sudah menjamur dimana-mana. Banyak komunitas lari yang sudah yang berjalan di berbagai kota dan dilakukan secara rutin. Selain menyehatkan, olahraga lari tidak membutuhkan keahlian khusus. Cukup dengan niat dan sepatu olahraga, Dan Anda sudah bisa mulai berlari tuh. Tapi, tahukah Anda kegiatan lari yang bisa Anda lakukan itu memiliki banyak manfaat? Nah berikut ini kami berikan uraian 8 manfaat lari pagi bagi kesehatan fisik dan mental.

Apa Saja Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental ?

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa olahraga lari punya segudang manfaat bagi kesehatan, termasuk kesehatan fisik maupun mental. Rutin lari bahkan terbukti meningkatkan peluang Anda berumur panjang. Sebelum menyingsingkan lengan baju dan mengikat tali sepatu lari Anda, yuk baca dulu delapan manfaat lari pagi yang sayang untung dilewatkan.

Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental

Olahraga Lari Bareng Doi Bikin Sehat dan Bahagia Via Hellosehat.com

1. Membuat Anda lebih bahagia

Setiap olahraga yang Anda lakukan bisa membuat Anda merasa bahagia termasuk juga lari. Manfaat lari yang membahagiakan ini disebut juga dengan “Runner’s high“. Menurut sebuah penelitian, lari merangsang tubuh untuk meningkatkan produksi hormon endocannabinoid dalam jumlah besar.

Endocannabinoid adalag hormon yang bertugas membuat Anda merasa senang. Endocannabinoid merupakan hormon yang unik karena memiliki efek yang sama seperti saat tubuh merespon rangsangan cannabis atau ganja. Hormon ini diduga memiliki efek euforia yang lebih kuat dibandingkan endorfin karena ketika endorfin hanya diproduksi bagian tertentu, endocannabinoid dapat diproduksi di berbagai sel tubuh. Lari juga dipercaya dapat meningkatkan mood dengan segera pada mereka yang menderita depresi.

2. Menurunkan Berat Badan

Lari membuat Anda tetap bugar karena olahraga kardio ini membakar lemak dengan cepat. Lari pagi membantu mengurangi berat berlebih dan menjaga berat badan Anda secara konsisten. Tubuh akan terus membakar kalori bahkan setelah Anda menyelesaikan sesi lari, dan Anda bahkan tidak perlu lari secepat kilat untuk mencapai manfaat tersebut.

Sains telah membuktikan bahwa tubuh mendapatkan manfaat bahkan dari olahraga intensitas rendah sekalipun. Namun, lari dapat membuat Anda ingin makan lebih banyak. Yang penting, jangan jadikan olahraga sebagai alasan Anda untuk makan apapun yang Anda inginkan. Jika Anda tidak mengatur pola makan, sesi lari Anda akan jadi pengorbanan yang sia-sia.

Pada sebuah penelitian oleh Dietrich, tahun 2004, terhadap laki-laki yang berolahraga dengan berlari di treadmill atau mengunakan sepeda statik, terjadi peningkatan kadar endocannabinoid dalam darah. Aktivasi endocannabinoid ini dapat mengurangi sensasi rasa nyeri, dan memengaruhi emosi seseorang yang berpengaruh terhadap efek psikologi pada saat berolahraga.

3. Menajamkan Otak

Fungsi kognitif otak mulai merosot sering bertambahnya usia, sehingga kemampuan Anda untuk berpikir dan bahkan mengingat juga semakin sulit. Bukannya tidak mungkin penurunan fungsi otak lama kelamaan bisa membuat Anda pikun atau malah kehilangan ingatan. Untuk mencegahnya, mulailah berlari. Melawan gangguan kognitif yang terkait usia adalah salah satu manfaat lari yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya.

Orang usia lanjut yang rutin berlari dilaporkan memiliki ketajaman ingatan yang lebih baik dan rentang fokus yang lebih lama. Mereka juga mendapatkan nilai yang lebih tinggi pada tes mental secara keseluruhan daripada mereka yang menjalani kehidupan sedentari. Kemampuan kognitif pasien penyintas stroke juga dilaporkan meningkat hingga 50% saat menjalani latihan fisik yang rutin.

4. Jasmani yang Sehat

Manfaat lari itu sendiri bukanlah obat mujarab penyembuh segala macam penyakit. Namun olahraga ini dapat mencegah berbagai penyakit. Pelari wanita memiliki risiko yang lebih rendah untuk terkena kanker payudara. Berlari juga mengurangi risiko Anda untuk terkena stroke.

Banyak dokter menganjurkan olahraga lari sebagai bagian dari rencana pengobatan untuk penyakit seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Saat berlari, arteri dan jantung Anda menjadi lebih kuat, sehingga mengurangi risiko Anda untuk terkena henti jantung. Lari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, yang berujung pada peningkatan kesehatan secara keseluruhan.

Paket Agen Produk Kosmetik

5. Mengurangi Risiko Kematian

Olah Raga Lari mampu mengurangi Risiko Kematian akibat penyakit kardiovaskuler. Dari penelitian yang dilakukan oleh Lee pada tahun 2014, didapatkan kesimpulan bahwa manfaat lari dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler. Pada penelitiannya menekankan bahwa pada “dosis” waktu lari yang singkat (5-10 menit/hari) dan kecepatan rendah (<6mph atau 9,6km/jam) sudah dapat menekan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler secara signifikan. Tentu hal ini menjadi solusi bagi orang-orang yang sangat sibuk dan tidak memiliki waktu namun ingin berolahraga.

Pada penelitian tersebut didapatkan bahwa barang berlari 5-10menit/hari saja dapat mengurangi angka risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler menjadi 0,42 persen. Sedangkan manfaat lari pagi dengan kecepatan 9,6km/jam semakin menekan angka risiko kematian akibat penyakit kardiovaskuler menjadi 0,8. Keduanya dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan olahraga lari sama sekali.

6. Mengurangi Risiko Hipertensi, Diabetes, dan Kolesterol Tinggi

Dalam penelitian yang dilakukan oleh William pada tahun 2013, ia menyimpulkan bahwa mereka yang rutin lari pagi memiliki risiko untuk menderita penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan dislipidemia lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak berlari. Namun, tidak hanya itu. Ia juga membandingkan dengan mereka yang tidak berlari, namun berjalan. Ternyata, mereka yang menyisihkan waktunya untuk berjalan juga memiliki risiko yang lebih rendah untuk menderita penyakit-penyakit tersebut.

Didapatkan bahwa jika metabolic equivalent hours per day (METh/d) mencapai 1,1-1,8 dapat mengurangi resiko penyakit metabolik secara signifikan baik berlari maupun berjalan selama METh/d dapat tercapai target.

7. Olahraga yang Mudah dan Murah

Meskipun sekarang ini banyak gadget yang dapat mendukung Anda dalam berlari, sebenarnya tidak banyak yang Anda perlukan untuk memulai berlari. Anda dapat melakukannya sendiri, dimana pun dan kapan pun. Anda cukup memiliki sepasang sepatu lari dan Anda bisa segera memulai berlari.

Hal ini membuat Anda dengan mudah menjaga rutinitas berlari, karena dapat dilakukan dimana pun dengan bermodalkan sepatu lari. Hal ini menjadikan olahraga lari merupakan solusi paling mudah dan murah untuk berolahraga.

8. Menambah Relasi Lewat Komunitas Lari

Bagaiamana tidak dengan olahraga lari yang bisa anda lakukan dipagi hari bisa menambah banyak teman lewat komunitas lari, apalagi Saat ini sudah banyak komunitas lari di Indonesia, salah satunya yang paling besar adalah Indo Runners. Dengan mengikuti komunitas lari Anda dapat saling bertukar pikiran dan berkenalan dengan banyak teman.

Baca Juga :

- 9 Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan
- Menurut Penelitian: Jalan Kaki Bikin Otak Makin Cerdas

Selain itu Anda pasti akan mendapat banyak dukungan dari para teman-teman yang lebih “senior” soal berlari. Komunitas lari pun banyak terdapat di Kota-kota seperti Jakarta, Surabaya, dan Malang bisanya sudah memiliki komunitas lari masing-masing. Jika di kota Anda belum ada, kenapa bukan Anda saja yang memulainya?

Demikian itu tadi ulasan Manfaat Lari Bagi Kesehatan Tubuh dan Mental yang belum kamu ketahui, semoga bermanfaat. (SB: Hellosehat)

Tags: