Malas Cuci Tangan? Awas 6 Bahaya Ini Mengintaimu


Malas Cuci Tangan Awas 6 Bahaya Ini Mengintaimu

Malas Cuci Tangan Awas 6 Bahaya Ini Mengintaimu

Bahaya Malas Cuci Tangan – Tanpa disadari, ada banyak kuman yang bersarang di tangan kapan saja dan di mana saja. Cuci tangan merupakan aktivitas wajib yang perlu dilakukan setiap hari. Kalau tidak rajin dibersihkan dan dicuci, tentu hal ini akan membuat kondisi kesehatan kamu makin terancam. Ini juga bisa membuat berbagai macam bahaya mengintai.

Dikutip dari laman boldsky.com, cuci tangan merupakan aktivitas sederhana yang penting dilakukan dan tak boleh dilewatkan begitu saja. Kebiasaan malas cuci tangan memiliki dampak yang sangat buruk. Inilah beberapa bahaya yang akan kamu rasakan ketika kamu malas cuci tangan.

 

6 Bahaya Malas Cuci Tangan

1. Risiko Kulit Gatal-Gatal

Buat kamu yang malas buat cuci tangan sebelum makan, usahakan agar rajin-rajin cuci tangan mulai saat ini. Bakteri dan kuman yang ada di tangan kotor ada bermacam-macam. Salah satu bakteri tersebut bisa menyebabkan kulit gatal-gatal, kulit infeksi hingga bentol-bentol yang berakhir pada adanya risiko bisul pada kulit. Selain kulit gatal-gatal, malas cuci tangan juga bisa menyebabkan risiko jerawat dan komedo parah.
Menurut penelitian Sajida (2012) bahwa seseorang dengan kebersihan tangan dan kuku yang baik kemungkinan mengalami penyakit kulit lebih kecil daripada seseorang dengan kebersihan tangan dan kuku yang buruk, hal ini sesuai dengan penelitian Desi (2005) bahwa penyakit kulit bisa terjadi karena kebersihan tangan dan kuku yang buruk.

2. Penularan Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang cukup berbahaya. Penyakit ini biasanya ditandai dengan gejala mual, kelelahan hebat, urin berwarna gelap, nafsu makan berkurang, demam dan kulit serta mata berwarna kuning. Penularan hepatitis akan sangat mudah terjadi jika seseorang malas cuci tangan atau menjaga kesehatan tubuhnya. Well, masih malas buat cuci tangan?

3. Keracunan Makanan

Makan tanpa cuci tangan terlebih dahulu bisa berisiko menyebabkan adanya racun di tangan lebih mudah bercampur bersama makanan. Selain menyebabkan keracunan, kebiasaan buruk ini juga bisa menyebabkan infeksi, penularan berbagai penyakit dengan mudah dan menurunkan sistem kekebalan tubuh.

4. Resiko Diare

Bahaya pertama yang mengintai orang-orang yang malas cuci tangan adalah risiko diare. Makanan yang masuk ke mulut dan perut akan sangat rentan terhadap berbagai bakteri, kuman serta penyakit ketika dimakan dari tangan yang kotor, jarang dicuci dan dibersihkan. Inilah yang akhirnya menyebabkan diare atau sakit perut.

5. Pneumonia

Pneumonia merupakan penyakit radang paru yang disebabkan oleh bakteri. Orang yang menderita penyakit ini ditandai dengan gejala panas tinggi disertai dengan batuk berdahak. napas cepat (frekuensi nafas >50 kali/menit), sesak, dan gejala lainnya seperti sakit kepala, dan nafsu makan berkurang.

6. Infeksi Cacing

Penyakit infeksi cacing merupakan penyakit yang tidak tidak menyebabkan wabah yang muncuk dengan tiba-tiba ataupun menyebabkan banyak orang. Tetapi merupakan penyakit yang secara perlahan menggerogoti kesehatan manusia, menyebabkan kecacatan tetap, dan penurunan intelegensia pada anak (Sudomo, 2008). Angka penyakit infeksi cacing di Indonesia pada semua umur 40%-60% dan pada anak-anak sekolah dasar (SD) 60%-80%. Menurut penelitian Zaidina Umar tahun 2005 disimpulkan bahwa perilaku cuci tangan sebelum makan memakai air dan sabun terbukti berhubungan signifikan dengan kejadian infeksi cacing.

Demikian bahasan beberapa dampak dan bahaya yang mengintai jika malas cuci tangan, mari kita budayakan mencuci tangan pakai sabun dengan cara yang benar, semoga bermanfaat !

Tags: