Jenis-jenis Kantor Modern di Indonesia


Jenis-Jenis Kantor Modern di IndonesiaJenis Kantor Modern di Indonesia – Sebuah kantor yang familiar di benak kita mungkin melibatkan ruangan-ruangan tertutup dan deretan persegi, atau cubicle, yang mengelilingi deretan pekerja. Warna-warna netral seperti abu-abu ataupun hijau pucat biasanya mendominasi sebuah ruang kantor. Tetapi, karena perkembangan jaman dan industri yang semakin bermacam-macam, ruang kantor modern tidak lagi terlihat seperti itu. Contohnya saja, headquarter Facebook yang baru, yang tampak terbuka dengan banyaknya working space bagi karyawan untuk bekerja outdoor. Warna-warni cerah juga menghiasi bangunan tersebut.

Maraknya dunia kewirausahaan digital di Indonesia pun mengindikasikan adanya kebutuhan bagi ruang kantor atau ruang bekerja alternatif. Karena karakter proses bekerjanya yang serba online, kantor moder tidak lagi harus berupa ruangan yang besar untuk menampung begitu banyak karyawan. Tidak sedikit pengusaha yang memulai bisnisnya dengan tim kecil ataupun bekerja dengan anggota tim di tempat berlainan karena adanya akses internet.

3 Jenis Kantor Modern di Indonesia

Kantor Modern Google di IndonesiaDalam Dunia bisnis semakin menyadari adanya kebutuhan berbeda bagi industri berbeda sehingga ruang kerja pun berbeda-beda bentuknya. Sekarang ini, ruang kerja tidak lagi terlihat begitu-begitu saja, ada berbagai macam jenis ruang kantor yang mulai populer. Berikut dikutip dari kompasian ada beberapa jenis-jenis Kantor Modern di Indonesia.

#1. Virtual Office

Sesuai dengan namanya, sebuah virtual office tidak benar-benar ada secara fisik. Yang ditawarkan adalah alamat surat dan poin kontak yang bisa dihubungi. Misalnya, sebuah startup menjalankan bisnisnya dari rumah, tetapi menyewa virtual office di gedung perkantoran. Maka, startup tersebut seakan beralamat di gedung perkantoran di mana virtual office berada.

Jadi, walaupun startup dijalankan di rumah, bisnis tersebut akan tetap mendapatkan kredibilitas di antara pengguna potensialnya. Selain itu, dengan mengalamatkan urusan bisnis kepada virtual office, pengusaha yang bekerja dari rumah akan terjaga privasinya karena urusan bisnis tidak dialamatkan ke rumah pribadi.

Beberapa keuntungan komunikasi yang ditawarkan virtual office adalah resepsionis, asisten, call center, dan lainnya. Selain itu, ada juga space service, yang melibatkan alamat prestisius yang biasa ditawarkan sebuah virtual office. Servis ini memberikan alamat profesional, alamat surat, tempat meeting, dan kesempatan menyewa tempat untuk sementara waktu.

#2. Serviced Office

Serviced Office adalah tempat kerja yang bukan hanya menyediakan tempat tetapi juga segala pengurusnya. Sebuah manajemen fasilitas yang menjadi pengurusnya akan menyewakan ruangan kerja atau lantai kerja untuk beberapa perusahaan berbeda. Biasanya serviced office juga terletak di pusat bisnis di kota-kota besar. Tujuan dibentuknya ruang kantor serviced office adalah untuk memberikan fleksibilitas bagi pengusaha yang menggunakannya karenya biasanya dapat disewa dengan mudah.

Serviced office ditujukan untuk perusahaan yang baru memasuki sebuah lokasi baru, startup, atau pekerjaan project-based. Serviced office dapat membantu menghemat biaya human resource karena pengusaha tidak harus memiliki staf-nya sendiri, apalagi bagi pengusaha startup.

Biasanya, virtual office dan serviced office ditawarkan secara sepaket. Misalnya, CEO Suite, Voffice, dan Regus. Ketiganya adalah virtual office dan serviced office yang terletak di daerah prestisius Jakarta.

#3. Coworking Space

Coworking space adalah tempat di mana pengusaha dari bisnis yang berbeda dapat berbagi kantor. Biasanya, coworking space memiliki organisasi yang mengorganisir aktivitas di dalamnya. Coworking space seringkali dimulai dari sebuah komunitas yang memiliki visi yang sama, sehingga memilih untuk bekerja dalam ruang kerja yang sama. Tren coworking sendiri dimulai pada tahun 2005 di San Fransisco. Sekarang, coworking space telah tersebar di mana-mana termasuk di Indonesia.

Ruang kerja seperti ini cocok untuk startup yang memiliki tim kurang dari enam orang, sehingga tidak sulit berbagi ruangan dengan tim-tim lain. Selain itu, entrepreneur yang sedang traveling juga bisa menggunakan coworking space yang dapat disewa per hari. Jadi alternatif yang cocok daripada harus menetap berlama-lama di sebuah kafe! Selain menjadi tempat bekerja yang kondusif, coworking space juga sering mengadakan event komunitas dan pengusaha, sehingga entrepreneur yang bekerja di dalamnya tidak hanya bekerja tetapi juga memperluas network.

Baca Juga :

Untuk coworking space, di Jakarta tren ini telah mengambil perhatian banyak entrepreneur dan dunia startup. Beberapa coworking space yang bisa ditemukan di Jakarta adalah TierSpace, Ciputra GEPI Incubator, dan Kejora.

Demikian itu tadi tipe-tipe kantor modern saat ini, seorang pengusaha tinggal memutuskan mana yang lebih cocok bagi bisnisnya.

Tags: