Catat ! 5 Foto yang Tidak Boleh Kamu Share di Media Sosial


Foto yang Tidak Boleh Kamu Share di Media Sosial

Foto yang Tidak Boleh Kamu Share di Media Sosial (image/Jalantikus)

Foto yang Tidak Boleh Kamu Share di Media Sosial – Diera Digital dan Teknologi saat ini, Kemunculan Facebook, Twitter, Intagram, Path, Snapchat, dan berbagai media sosial lainnya tak dapat dielakkan di kehidupan kita. Mengaku saja, pasti kamu juga merupakan salah satu pecandu media sosial kan?

Tak masalah bila kamu aktif di media sosial, namun tak semuanya bisa diomongkan di sini. Harus ada batasan demi keselamatan pengguna media sosial, apalagi buat kamu yang suka mengumbar foto. Ya, ada sejumlah foto yang secara khusus Tidak boleh kamu share ke media sosial. Berikut ini rangkumannya di kutip dari Jalantikus!

 

Foto yang Nggak Boleh Kamu Share di Media Sosial

1. Foto Boarding Pass atau Tiket Pesawat

Jangan Unggah Foto “Boarding Pass” ke Media Sosial – Ketika kamu sedang liburan, tentu kamu ‘gatal’ ingin mengunggah foto boarding pass milik kamu ke media sosial untuk pamer ke teman-teman kamu. Namun, jangan pernah melakukan hal tersebut.
Jangan Unggah Foto "Boarding Pass" ke Media Sosial
Pasalnya menurut Brian Krebs, pakar keamanan teknologi mengungkapkan bahwa di balik barcode dalam tiket tersebut berisi informasi lengkap soal data diri kamu. Seperti email, alamat rumah, nomor ponsel, nama depan, nama belakang, asal penumpang, dan lokasi tujuan kamu.

Ditakutkan ada pihak yang tak bertanggung jawab memanfaatkan untuk kejahatan tertentu seperti penipuan dan pemalsuan. Selain itu, tiket juga biasanya memuat frequent flyer number. Yang berisi riwayat dan rencana kamu sudah booking penerbangan ke mana saja.

 

2. Foto Pose Dua Jari Peace

Salah satu pose foto andalan banyak orang agar terlihat manis adalah dengan membuka dua jari di depan atau samping muka. Tapi, ternyata ini berbahaya karena bisa menyebabkan pencurian data.
Jangan-Share-foto-pose-dua-jari-peace-di-media-sosial
Menurut informasi yang dilansir dari PhoneArena, Isao Echizen yang merupakan seorang profesor di Konten Digital dan Media Ilmu Penelitian Divisi National Institute of Informatic, mengungkapkan bahwa dia telah berhasil memperoleh sidik jari dari foto jari yang diambil sejauh 3 meter.

Apa jadinya kalau sidik jari kamu berhasil diambil oleh orang jahat atau orang yang tidak bertanggung jawab? Bisa-bisa mereka memiliki akses ke berbagai perangkat kamu yang diamankan dengan sensor sidik jari.

 

3. Foto Balita

Hingga detik ini, mungkin kamu masih sering menemukan foto balita mungil yang diunggah ke Facebook oleh orang tuanya. Tanpa sadar bahwa itu justru mengundang potensi untuk si anak.
Foto-Balita-Tidak-Boleh-Kamu-Share-di-Media-Sosial
Karena, pihak tertentu bisa saja memanfaatkannya untuk penipuan di media sosial, iklan produk tertentu, bahkan sampai kepada penculikan dan penjualan manusia. Sebagai orang tua, tentu harus lebih berhati-hati lagi dan menyikapi dengan baik penggunaan media sosial.

Bahkan, beberapa negara seperti Perancis, ada peraturan pelarangan pengunggahan foto dan video anak-anak.

 

4. Foto Pekerjaan yang Bersifat Rahasia

Sebagai seorang profesional, sebaiknya jangan mengunggah foto apapun yang menyangkut pekerjaan di media sosial. Apalagi jika foto tersebut menungkap informasi rahasia dan dapat dilihat oleh pihak kompetitor.
Foto-Pekerjaan-yang-Bersifat-Rahasia-tidak-boleh-kamu-share-di-media-sosial
Kebijakan atau pun ide untuk strategi perusahaan yang baru. Jangan sampai kamu menyebarluaskan strategi tersebut.

 

5. Foto Karya Kamu

Tentunya kamu harus tau, apapun yang kamu unggah di media sosial. Itu bebas digunakan dan share oleh orang lain.
Foto-Pekerjaan-yang-Bersifat-Rahasia-tidak-boleh-di-share-ke-media-sosial
Untuk itu, pastikan apapun karya kamu seperti foto, lukisan, cerpen, dan lainnya pastikan mempunyai hak cipta seperti watermark atau keterangan pembuat.

Demikian ulasan 5 foto yang sebaiknya jangan kamu share di media sosial. Dan sebagai tambahan foto kartu kredit atau kartu ATM juga jangan kamu unggah ya di media sosial milikmu. Kamu tidak ingin bukan uang dalam rekening kamu dikuras oleh penjahat?

Tags: