Ini 5 Aturan Dasar, Biar Nggak Tambah Gemuk Saat Puasa


Ini 5 Aturan Dasar Biar Nggak Tambah Gemuk Saat Puasa

Ilistrasi (Vemale)

Ikuti Aturan Biar Nggak Tambah Gemuk Saat Puasa –  Pernah nggak kamu mengalami kenaikan berat badan di bulan Ramadan? Iya sih, kita puasa satu bulan penuh. Tapi kadang karena pola makan yang salah dan perubahan rutinitas, tumbuh malah jadi tambah gemuk saat puasa.

Biar berat badan tetap stabil, ada sejumlah aturan dasar kesehatan  yang perlu kamu ikuti. Aturan-aturannya simpel aja kok sebenarnya. Kalau bisa kamu ikuti dengan baik, berat badanmu bisa lebih terkendali dan kesehatan tetap terjaga. Yuk, kita bahas satu per satu di sini.

5 Aturan Dasar Biar Nggak Tambah Gemuk Saat Puasa

1. Makan Sahur Secukupnya dengan Asupan Buah dan Sayur

Jangan sampai kamu melewatkan makan sahur. Makan sahur tetap penting untuk membuat tubuh berenergi dan kuat untuk puasa seharian. Cukupi kebutuhan protein dan serat dengan baik saat makan sahur. Tapi jangan sampai kekenyangan, ya.

 

2. Hindari Minuman Manis, Bersoda, dan Berkafein yang Berlebihan

Memang disarankan untuk berbuka dengan yang manis-manis terlebih dahulu. Tapi jangan sampai berlebihan. Batasi konsumsi minuman manis, bersoda, dan berkafein. Ganti dengan yang lebih sehat, seperti air putih hangat dan jus buah tanpa gula.

 

3. Makan dengan Porsi Kecil

Saat sahur maupun berbuka, jangan langsung makan dalam porsi besar. Makanlah dalam porsi kecil terlebih dahulu. Jangan “balas dendam” saat buka puasa. Berhentilah segera setelah kamu merasa agak kenyang. Sebelum makan sahur atau berbuka, minumlah air putih terlebih dahulu. Selain menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik, ini juga akan mencegahmu makan terlalu rakus.

 

4. Jangan Makan Berat Sebelum Tidur

Setidaknya beri jarak 3 jam untuk makan sebelum tidur malam. Sistem pencernaan tubuh jangan divorsir terlalu keras. Selain itu, jangan langsung tidur sebelum waktu imsak. Langsung tidur setelah makan sahur bukan kebiasaan yang sehat. Karena bisa menyebabkan penimbunan lemak akibat kelebihan energi karena minimnya aktivitas. Baiknya beri jeda 1 jam setelah makan sahur bila ingin kembali istirahat.

 

5. Olahraga Ringan dan Tetap Aktif Menjalani Rutinitas

Olahraga kecil seperti jalan santai atau yoga ringan bisa kamu lakukan saat puasa. Olahraga ringan pastinya akan membantu membakar kalori. Lakukan sesuai kemampuan saja, jangan sampai membuatmu dehidrasi.

 

Nah, itu tadi lima aturan dasar yang bisa kamu ikuti bila ingin berat badan tetap stabil selama bulan puasa. Tetap semangat berpuasa. Jadikan momen bulan Ramadan anda untuk membangun kembali kebiasaan-kebiasaan yang sehat.

Tags: